Jadikan Pulau Komodo Sebagai 7 Keajaiban Dunia

komodoPulau Komodo (Taman Nasional Komodo) menjadi finalis “7 Keajaiban Dunia Bernuansa Alam” (7 Wonders of Nature). Berkat dukungan semua, Pulau Komodo berhasil melaju ke Babak III vote for New Seven Wonders of Nature menyisihkan kurang lebih 440 nominasi dari 220 negara. Pulau Komodo bergabung bersama 28 peserta lain dari berbagai negara. Penetapan Taman Nasional Komodo (Komodo National Park)  sebagai finalis diputuskan oleh “New 7 Wonders Foundation” pada Selasa 21 Juli 2009.

New Open Word Foundation yang bekerjasama dengan United Nation Office for Partnerships berpusat di Swiss kembali menggelar voting untuk menetapkan tujuh keajaiban alam baru (New 7 Wonders of Nature). Setelah Candi Borobudur ter-eliminasi dalam penetapan tujuh keajaiban dunia yang dibuat manusia, kini satu-satunya wakil Indonesia yang masih bertahan untuk kategori New 7 Wonders of Nature adalah Pulau Komodo, setelah Danau Toba dan Gunung Krakatau tersingkir di babak pertama Desember 2008 silam.

Masyarakat Indonesia dan dunia yang telah melakukan vote I dan II sebelum 7 Juli 2009 lalu, diajak kembali untuk melakukan vote III dengan menggunakan dua metode: Pertama, memilih dengan cara online melalui website http://www.new7wonders.com. Kedua, memilih melalui telephone (SLI) dengan menekan +41 77 312 4041. Setelah pesan selesai dan terdengar bunyi beep tekan kode 7717 untuk memilih Taman Nasional Komodo.

New 7 Wonders Foundation” menetapkan Taman Nasional Komodosebagai salah satu dari 28 finalis “7 Keajaiban Dunia Bernuansa Alam” (seven Wonders of Nature) setelah menyisihkan sekitar 440 nominasi dari 220 negara. Penetapan Taman Nasional Komodo sebagai finalis diputuskan oleh “New 7 Wonders Foundation” pada Selasa 21 Juli 2009.

Sekedar info, saat ini Pulau Komodo masih berada di peringkat ke-13. So, Alamendah’s Blog mengimbau kepada semua warga Indonesia (terutama para bloger) untuk mendukung Taman Nasional Komodo menjadi 7 Keajaiban Dunia Bernuansa Alam” (7 Wonders of Nature). Karenanya silahkan langsung meluncur ke http://www.new7wonders.com.

Baca juga:

Anda dapat melihat daftar seluruh tulisan di: Daftar catatan

About these ads

Tentang Alam Endah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Tulisan ini dipublikasikan di flora, global, Indonesia, lingkungan hidup, organisasi, satwa, wisata dan tag , , , , , , , , , . Tandai permalink.

204 Balasan ke Jadikan Pulau Komodo Sebagai 7 Keajaiban Dunia

  1. Ping balik: Ikan Siluk Merah, Satwa Pesona Nusantara « Priohudi's Blog

  2. dahlia berkata:

    komodo adalah adalah fossil yng hidup… hanya di Indonesia…. karena itu harus dikenalkan kedunia bahwa Indonesia punya hewan fossilyang hidup ini rahmt lo…. ayooooo
    di aktualisasikan…. bawah k dunia Internsioanla semua harus mendukung…..

  3. helka putra edison berkata:

    komodo adalah kadal terbesar di dunia dan hanya ada di indonesia mka dri itu sbgai rakyat indonesia hrs bsa menjagany
    ayooooo…………..

  4. Ping balik: Ketik Komodo Kirim ke 9818, Dukung Komodo, Gratis | Alamendah's Blog

  5. Tom_Jakarta@Jejak Batak berkata:

    ayooooooooooooooooooooo !!!!!!!!!!

    warga indoNesia dkung koMOdo ea kn tu puLau yang inDAh
    dach gTU da kdaL raksasa’e agE

  6. edy berkata:

    okkey,, sedari dulu kuinginkan Komodo 7 Keajaiban Dunia.. inilah saatnya!!

  7. sonny berkata:

    iya kasihan itu komodo yg merupakan hewan yg sangat langka tidak diperhatikan dgn baik…oleh dunia

  8. nandobase berkata:

    Agan Alamendah, saya mo tanya nih; Di mana letak keajaiban Pulau Komodo?
    Agan adalah orang ke 4 yang saya tanya. Yang lain ngga bisa ngasih jawaban.
    Makasih, Gan

    • alamendah berkata:

      bakalan panjang, ki. Singkat saja:
      Keajaiban pulau komodo = tempat hidup komodo yang unik pula. Keunikan komodo seperti:
      1. Menjadi biawak terbesar di dunia
      2. Hewan terbesar di pulau komodo lantaran proses evolusi akibat gigantisme pulau komodo (dimana tidak ada spesies pemangsa lain yang lebih besar membuat komodo menjadi pemuncak dalam rantai makanan dan berevolusi mengalami pembesaran tubuh.
      3. Telah hidup dan bertahan hidup sejak 4 juta tahun silam dengan evolusi bentuk fisik yang
      4. Mampu melakukan partenogenesis – reproduksi aseksual tanpa pembuahan, dalam keadaan perawan.
      5. Bentuk, ukuran tubuh dan perilaku komodo yang mencerminkan bahwa ia benar-benar makhluk jaman jutaan tahun silam.
      Pulau komodo dan sekitarnya memiliki keragaman ekosistem yang khas, mulai dari savana, hutan hujan, hutan tropis kering, hutan dataran tinggi, hutan bakau, padang lamun, dan terumbu karang.
      Yang paling unik adalah dunia menganggapnya unik. Pun, N7W mampu menjual (mempromosikan) dengan baik sehingga masuk 28 finalis N7W of Nature pada masyarakat dunia. dan (yang tak kalah unik) itu semua membuat ‘geger’ kita di dalam negeri

      5. Air liur yang mematikan

      • nandobase berkata:

        Gigantisme Pulau Komodo itu maksudnya semua makhluk hidup yang ada di Pulau Komodo itu tumbuh menjadi lebih besar daripada seharusnya, ya Gan?
        Makasih banyak, lho atas informasinya…. :)

  9. Ping balik: Para Pemimpin Dunia Dukung New7Wonders | Alamendah's Blog

  10. Imam Agus Sutomo berkata:

    Jempol buat Alamendah.wordpress.com u/ penyajian pelestarian lingkungan hidup, khususnya Flora & faunanya…Tapi kok ikut2 poling N7WF sih ?, mereka sebenarnya nggak konsen ke konservasi KOMODO secara langsung, mereka khan bermotif bisnis semata…apalagi JK & EH ikut2an promo juga, orang 2 ini kan maunya pengunjung ke Pulau Komodo biar membludak saja dan cuma mikir dari sisi wisatawan agar mendatangkan devisa yang banyak saja…Sepintas, ajakan itu menggelitik rasa nasionalisme kita…namun dibalik itu semua…kita wajib memikirkan klestarian Komodo itu sendiri…bayangkan bila nantinya habitat asli komodo dikunjungi beribu2 wisatawan yang hanya ingin melihat rupa Komodo…dilain pihak secara tidak angsung kita sudah mengganggu ketenangan habitat ini…JANGAN LUPA KITA SUDAH KEHILANGAN HARIMAU BALI, HARIMAU JAWA, (seperti yg alamendah tulis ttg. Satwa Indonesia yang sudah punah) mungkin tak lama lagi HARIMAU SUMATERA…bahkan KOMODOlah yang menanti giliran musnah karena habitatnya terganggu oleh manusia…SALAM LESTARI…

  11. kezia alodia quinsha berkata:

    7 Wonders Of Nature

  12. Ping balik: Ikan Siluk Merah Ditetapkan Sebagai Satwa Pesona Indonesia « animallabel

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s