Air Tiga Rasa di Rejenu

Makam Syeh Sadzali

Banyak tempat ziarah dapat dikunjungi di Kabupaten Kudus. Salah satunya adalah makam  Sunan Muria memang banyak menyedot wisatawan domestik hampir sepanjang tahun. Bahkan, di kawasan Gunung Muria, (kecamatan Dawe) tidak hanya makam Sunan Muria saja yang selalu dikunjungi masyarakat.

Di depan gapura Rejenu

Di depan gapura Rejenu

Sebuah makam di sebelah utara makam Sunan Muria, di atas objek air terjun Montel. Tepatnya di Japan Utara yang dikenal dengan Rejenu yang berdasarkan astronomi berada di koordinat 6° 39′ 6″ LS 110° 54′ 10″ BT. Di sini terdapat sebuah makam yang banyak diziarahi orang. Orang mengenalnya sebagai makam Syeh Sadzali. Salah satu murid Sunan Muria yang disegani.

Untuk mencapai makam ini memang tidak segampang bila ingin ziarah ke makam Sunan Muria. Kawasan ini boleh dikatakan belum tersentuh ”tangan” pembangunan yang menyediakan fasilitas kemudahan. Masih alami. Listrikpun belum tersedia. Walau sekarang jalan menuju tempat tersebut telah diperlebar dan dilapisi beton sehingga banyak tersedia jasa ojek (melalui rute desa Japan). Sedangkan bila melalui Air terjun Montel masih harus melewati jalan setapak.

Yang datang berziarah tidak hanya dari Kudus. Banyak yang berasal dari kota-kota besar di Jawa, seperti Jakarta, Tangerang, Bandung, Semarang, dan Surabaya. Sebagian lagi dari Palembang dan Kalimantan. Bahkan, dari Singapura dan Irlandia.

Air Tiga Rasa

Sejarah Syeh Sadzali masih penuh misteri. Pengurus Yayasan setempat sedang mengumpulkan data. Yang mereka yakini, Syeh itu salah satu murid Sunan Muria yang konon berasal dari Irak (Bagdad).

Minum air tiga rasa

Minum air tiga rasa

Salah satu murid yang dikasihi karena pegang peranan penting ketika Sunan Muria mengadu kesaktian dengan Dampo Awang. Karena banyak yang iri kemudian tersisih atau disisihkan. Ada dugaan beliau menyingkir ke tempat dia dimakamkan sekarang ini di Rejenu.

Kompleks ini memang banyak mengandung misteri karena masih banyak makam yang belum dikenali. Ada pula tiga mata air yang memiliki tiga rasa khas dan boleh dibilang ajaib. Ketiga air memiliki rasa seperti minuman Sprite. Namun ketajaman rasa satu sama lain berbeda.

Air ini dipercaya mempunyai banyak khasiat. Bagi yang percaya, dengan minum air itu jiwa mereka akan menjadi lebih tenang. Rasa percaya diri mereka lebih tebal. Selain itu dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit.

Konon, dulunya mata air ini terdiri atas 4 macam yang bilamana keempat-empatnya dicampur dapat mengabulkan apapun permohonan peminumnya. Oleh Syeh Sadzali, mata air keempat ditutup. Karena tidak jarang ada peziarah yang melakukan tirakatan di sekitar Air Tiga Rasa agar mampu melihat dan mengambil air dari sumber mata air yang keempat tadi.

Obyek lainnya

Selain itu, ternyata masih ada beberapa objek lain yang berdekatan dengan makam Syeh Sadzli dan Air Tiga Rasa ini. Objek-objek itu antara lain:

  1. Air terjun. Cukup tinggi, tak kalah dengan air terjun Montel di Colo. Namun, jalan ke arah sana baru jalan setapak atau lewat aliran Sungai Rejenu.
  2. Gua Jepang.
  3. Makam Syeh Subakir dan Ali Murtadho. Di sebelah atas melalui jalan setapak yang terjal.
  4. Sendang Anglingdarmo.

Selain itu, Rejenu (Makan Syeh Sadzli dan Air Tiga Rasa) merupakan pos pendakian terakhir bagi yang ingin mendaki ke Puncak Argowiloso maupun Argojembangan. Dua diantara beberapa puncak tertinggi Gunung Muria

Fasilitas yang tersedia

Saat kemarau, debit airnya menurun

Saat kemarau, debit airnya menurun

Meski berada di tengah hutan terkepun aneka puncak bukit di Gunung Muria dan tanpa aliran listrik, pengunjung dapat menikmati berbagai fasilitas yang tersedia, semisal:

  • Ojek, bagi yang malas berjalan kaki
  • Warung makan yang buka 24 jam
  • Kamar penginapan sederhana di setiap warung
  • Musala
  • Kamar mandi
  • Bagi yang menyukai camping bisa memanfaatkan area di sekitar objek ini untuk mendirikan tenda.

Potensi ini memang fenomena yang menarik untuk dikembangkan di masa mendatang. Sayang, objek wisata ziarah di Kabupaten Kudus belum dikelola secara  profesional oleh Pemkab Kudus. Tercermin dari seberapa jauh dana APBD yang disediakan di sektor itu. Tanpa dukungan dana memadai, objek wisata seperti Gunung Muria (Sunan Muria dan Pesanggrahan Colo) terpaksa tampil dengan fasilitas terbatas. Jika demikian, pengembangan suatu objek wisata tinggal impian saja.

Tentang iklan-iklan ini

Tentang alamendah

Panggil saja saya Alamendah, tinggal di Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Seorang biasa yang ingin berbagi dengan sobat.
Tulisan ini dipublikasikan di Indonesia, lingkungan hidup, wisata dan tag , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

68 Balasan ke Air Tiga Rasa di Rejenu

  1. Muhammad Janra berkata:

    Yah, kalau udah berbau keramat2 gitu, pasti deh langsung dipercaya bisa ini bisa itu… Air itu juga makhluk Allah SWT… Harus nya kalau memang itu makam para Wali penyebar agama Islam, yang dipercaya bukan benda2 mati di sekitarnya… Langsung aja minta kepada Allah kenapa sih?

  2. safa berkata:

    catatan bagi pemerintah kabupaten kudus,,,
    saya sangat menyayangkan kalau obyek wisata rejenu(air tiga rasa) masih ada tiket masuknya yang lumayan mahal yaitu Rp.5000 itu kan tempat ziarah bukan tempat senang-senang, bukannya kita ke makam, itu untuk mengingatkan kita pada hari nanti,,,,!
    kenapa harus di tarik tiket semahal itu? kalau cuma 1000-2000 ribu itu masih wajar, mungkin buat kebersihan,,,,!

    • gila aja Rp. 5000 mahal???
      coba liat luar negeri harga masuk ya minimal Rp. 100.000

      • cinta koedoes berkata:

        maaf kalo tempat ziarah nya geratis yang dikenakan biyaya masuk itu wisatanya
        lagian jga ada asuransi nya , nama nya gunung tiba-tiba ada tanah longsor terus jadi korban kan ada penanggung jawab nya .nek pengen geratis dateng aja malem hee…

    • Alwan Jackson berkata:

      Maaf sebelumnya,
      saya sebagai masyarakat kota kudus merasa tersinggung terhadap kritikan biaya masuk ke air 3 rasa yang dikira sebagai
      tempat senang2 lah atau apa.
      apa menurut anda uang 5000 itu mahal?,dengan biaya asuransi jika terjadi kecelakaan saat berziarah disana,
      coba mas/mbk di baca
      lagi tiket masuknya,pasti ada penjelasannya tentang uang 5000 itu,kalau mas/mbk nya orang berpendidikan,dengan uang 5000 itu mas/mbk dapat berpikir
      ,dengan 5000 itu dapat memberi dana/sebagai sedekah bagi
      yang kecelakaan.Trimakasih

  3. Ping balik: Gunung Muria; Sejarah, Status, dan Potensi | Alamendah's Blog

  4. Ping balik: TPA Pati, Alternatif Wisata Lokal Warga Pati | Alamendah's Blog

  5. Ping balik: Elang Jawa yang Langka | kuekacang

  6. Kunarto juwana berkata:

    Air tiga rasa bnyak cacing yg matek didalamnya?jijai deh..ih

Tulis Komentar Sobat

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s